Sejarah Kecil Pulau Tidung


Sebelum kita membahas sejarah pulau tidung, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu tidung?

Tidung adalah bahasa yang digunakan oleh masyarakat KALIMANTAN UTARA bagian Utara, Bahasa Tidung memiliki kesamaan dengan Bahasa Indonesia yang Baik. bisa jadi suku tidung merupakan kerabat dari suku dayak menurut (suku-suku dayak yang ada di sabah), namun suku tidung beragama islam dan mengembangkan kerajaan islam, maka suku tidung tidak seperti suku dayak. Akan tetapi suku tidung dikategorikan sebagai berbudaya melayu (hukum adat melayu) seperti suku banjar, kutai dan suku pasir.
sejarah pulau tidung


jadi, sejarah singkat pulau tidung adalah nama yang diberikan oleh Raja Pandita yang berasal dari Tanah Tidung dan ironisnya masyarakat Pulau Tidung tidak mengetahui bahwa Pandita atau yang dikenal dengan "kaca" itu merupakan keturunan Bangsawan dari Kerajaan Tanah Tidung. Karena kedatangan Raja Pandita alias "kaca" ke Pulau ini (pulau tidung) tidak disertai dengan jabatan. Raja Pandita melarikan diri dari Suku Tidung di Kalimantan Karena menentang imperialisme Belanda.

seiring berjalan waktu, keluarga dari Raja pandita ingin mencari beliau. Karena dalam silsilan Kekerajaan ada satu nama yang tidak diketahui keberadaannya. Keluarga dari Raja Pandita telah melirik Pulau Tidung yang sedang ramai dibicarakan sebagai tempat wisata di Kepulauan Seribu, Karena ada kejanggalan pada kata akhir Pulau Tidung yaitu "Tidung". singkatnya Makam Raja Pandita akhirnya ditemukan dibagian barat Pulau Tidung.

Paket wisata pulau tidung murah kami sediakan untuk anda yang ingin mendengar langsung sejarah pulau tidung dari penjaga makam raja pandita. kami siap mengantar anda untuk berjiarah sekedar menambah wawasan tentang sejarah kecil pulau tidung.
Selamat Datang Di pulau-indonesia.com